Erling Haaland Diprediksi Kejar Rekor Andy Cole yang Telah Mencetak 50 gol tercepat di Liga Primer

Erling Haaland memborong dua gol ke gawang West Ham saat debutnya di Manchester City di Liga Premier. Erling Haaland diprediksi bakal tumbangkan rekor Andy Cole yang telah cetak 50 gol tercepat di Liga Primer. Erling Haaland telah menyamai rekor Sergio Aguero cetak 2 gol dalam debut untuk City .

Debut Erling Haaland yang mengemas dua gol dalam debutnya untuk kemenangan Manchester City 0 2 atas West Ham pada laga pembuka Liga Primer di Stadion London (7/8), menuai pujian dari para pakar sepak bola. Banyak yang memprediksi, striker Norwegia berusia 22 tahun ini bisa memecahkan rekor Andy Cole sebagai pencetak 50 gol tercepat di Liga Primer. "Dia tak terbendung," tulis pembawa acara Match of the Day, Gary Lineker di platform media sosial.

"Seorang striker yang tepat, yang akan mencetak banyak gol. Bakat yang benar benar luar biasa." Mantan striker timnas Inggris, Alan Shearer yang dengan bangga mencatumkan rekor 260 gol di Liga Premier di bio twitter nya menandai Haaland sebagai penantang potensialnya. Dia menulis "258 gol lagi!" dengan diikuti emoji tertawa.

Shearer mengemas 260 gol sebagai topskor sepanjang masa Liga Primer dari 441 laga pada musim 1992 2006. Di bawahnya ada Wayne Rooney dengan 260 gol, dan Andy Cole dengan 187 gol. Namun, rekor lebih dekat yang bisa diraih oleh Haaland adalah memecahkan rekor Andy Cole, sebagai pencetak 50 gol tercepat.

Cole mengukir rekor tersebut hanya dari 65 laga Liga Primer pada musim 1993/94 lalu saat bersama Newcastle. Haaland sendiri punya latar belakang cemerlang dalam urusan rekor mencetak gol, meski karier profesionalnya di divisi utama baru berjalan lima tahun lalu. Sang bomber menjadi pemain termuda (20 tahun 231 hari), dan tercepat (14 laga) yang mengemas 20 gol di Liga Champions.

Haaland juga menjadi pemain pertama yang mengemas 25 gol dalam 25 penampilan pertama di Bundesliga. Karena itulah, pakar sepak bola, Roy Keane, meyakini Haaland punya kapasitas untuk memecahkan rekor Cole, yang tak lain adalah partnernya saat aktif di Manchester United terdahulu. "Jika Haaland bisa terus fit, dan tak cedera. Saya pikir rekor 50 gol tercepat itu bisa diraihnya," ujar Keane meyakini dikutip dari Daily Mail.

Dia memuji adaptasi cepat Haaland dengan iklim di Liga Primer. "Banyak orang yang sempat meragukannya. Tapi kita bisa lihat, dia punya kualitas hebat, gerakan bagus, lari yang cepat. Dia bisa ciptakan peluang," tuturnya "Orang orang bicara tentang target 20 gol, jika ditambah dengan penalti, bisa jadi dia cetak 30 atau 40 gol. Apalagi dia ditunjang para pemain hebat lain," kata Keane lagi.

Pada duel di London tersebut, Haaland mencetak gol pertamanya lewat titik penalti. Ini bermula ketika dia dijatuhkan oleh kiper West Ham, Alphonse Areola. Dengan penuh percaya diri, Haaland langsung mengambil bola, dan menyimpannya di titik putih untuk langsung jadi eksekutor. Tindakan Haaland ini mendapat apresiasi dari pelatih City, Pep Guardiola.

"Saya pikir jika seseorang mengambil bola ini, dia akan meninju wajah rekan satu timnya," kata Guardiola. "Saya cukup yakin akan hal itu dan itu pertanda baik." Dengan dingin, Haaland mengeksekusi penalti: bola diarahkan ke pojok kiri bawah gawang, dan sukses mengecoh Areola. Tapi satu gol belum cukup bagi Haaland dalam debutnya.

Mantan striker Borussia Dortmund ini justru semakin bernafsu menambah golnya lagi. Dan pada menit ke 63, Haaland bisa merayakan gol keduanya. Bermula dari umpan terobosan Kevin de Bruyne yang tepat mengarah ke arahnya.

Dengan tenang, bomber raksasa ini melepaskan tendangan ke pojok bawah gawang West Ham untuk membawa keunggulan City 2 0. Haaland pun kini tercatat menjadi pemain kedua Manchester City yang mencetak dua gol dalam laga debutnya di Liga Primer. Pemain pertama yang melakukannya adalah Sergio Aguero pada Agustus 2011 melawan Swansea City.

Sebuah awal yang sungguh sangat menjanjikan bagi Haaland, dan pastinya juga untuk City. 78 menit 2 gol 32 sentuhan 21 umpan akurat 91.3 persen umpan akurat 2 Tendangan akurat 1 hadiah penalti 1 menang duel udara 1. Andrew Cole (65 laga)

2. Alan Shearer (66) 3. Ruud van Nistelrooy (68) 4. Mohamed Salah (72)

Fernando Torres (72) 5. Sergio Aguero (81) 20 Haaland pemain termuda (20 tahun 231 hari), dan tercepat (14 laga) yang mengemas 20 gol di Liga Champions.

25 Haaland menjadi pemain pertama yang mengemas 25 gol dalam 25 penampilan pertama di Bundesliga.

Tinggalkan Balasan