Penyebab Munculnya Peradangan di Telinga Tengah

Berbincang tentang radang telinga tengah, ada beberapa hal yang menjadi sebab umum dan harus diketahui. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah :

Penyebab Munculnya Peradangan di Telinga Tengah

1. Adanya sumbatan dalam telinga
Sumbatan yang ada di dalam telinga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya peradangan di telinga bagian tengah. Umumnya, hal ini terjadi terutama ketika pilek melanda. Pasalnya, pilek yang terjadi bisa menyebabkan terbentuknya cairan di dalam telinga bagian tengah dan kemudian menjadi sumbatan.

Jika sumbatan tersebut terjadi, maka cairan telinga tidak bisa mengalir dengan lancar. Hal inilah yang akan membuat bagian telinga menjadi bengkak dan kemudian timbul peradangan.

2. Faktor genetik
Para pakar mengatakan bahwa peradangan yang terjadi di telinga bagian tengah juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Oleh karenanya, anak yang terlahir dari orang tua yang pernah mengalami masalah peradangan pada telinga akan memiliki risiko gangguan yang sama dengan persentase yang lebih besar.

3. Lingkungan yang kurang sehat
Satu lagi masalah yang kerap menjadi sebab munculnya peradangan di telinga bagian tengah adalah kondisi lingkungan yang kurang sehat. Dalam hal ini, anak yang tumbuh pada lingkungan yang banyak perokok aktif cenderung lebih rawan terkena gangguan ini.

Cara Mengatasi Masalah Peradangan Telinga Tengah
Terkait radang telinga tengah, pertanyaan yang juga muncul adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini? Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah peradangan yang muncul di bagian tengah telinga. Beberapa diantaranya adalah :

1. Konsumsi antibiotik
Mengonsumsi antibiotik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi radang telinga tengah. Solusi ini bisa diterapkan untuk anak yang berusia lebih dari 6 bulan dan mengalami beberapa gejala berat seperti demam lebih dari 39 derajat dan mengalami keluar cairan dari telinga.

2. Pembedahan
Secara medis, pembedahan juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah radang telinga tengah. Terlebih, jika cairan tetap berada di bagian dalam telinga lebih dari 3 bulan dan peradangan tidak kunjung membaik.

Demikian beberapa ulasan tentang radang telinga tengah yang perlu Anda ketahui. Baca ragam artikel kesehatan lainnya untuk mendapatkan tambahan wawasan berkenaan dengan menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan